Sabtu, April 25

Sistem Transportasi

Pengertian sistem transportasi merupakan gabungan dari dua defenisi, yaitu sistem dan transportasi. Sistem adalah suatu bentuk keterikatan dan keterkaitan antara satu variabel dengan variabel lain dalam tatanan yang terstruktur, sedangkan transportasi adalah suatu usaha untuk memindahkan, menggerakkan, mengangkut, atau mengalihkan orang atau barang dari suatu tempat ke tempat lain, dimana di tempat lain ini objek tersebut lebih berguna atau dapat berguna untuk tujuan-tujuan tertentu. Maka, dari kedua pengertian di atas dapat disimpulkan bahwa, sistem transportasi adalah suatu bentuk keterikatan dan keterkaitan antara berbagai variabel dalam suatu kegiatan atau usaha untuk memindahkan, menggerakkan, mengangkut, atau mengalihkan orang atau barang dari satu tempat ke tempat lain secara terstruktur untuk tujuan tertentu. Sistem transportasi didukung oleh alat pendukung untuk menjamin lancarnya proses perpindahan sesuai dengan waktu yang diinginkan sehingga memberikan optimalisasi proses pergerakan tersebut. Alat pendukung ini berupa sarana dan prasarana yang meliputi ruang untuk bergerak (jalan raya, jalan rel), tempat awal/akhir pergerakan (terminal, dermaga, bandara), yang bergerak (alat angkut/ kendaraan dalam bentuk apapun), dan pengelolaan (yang mengkoordinasikan ketiga unsur sebelumnya). Adapun tujuan perencanaan sistem transportasi ini adalah :
  • Mencegah masalah yang tidak diinginkan yang diduga akan terjadi pada masa yang akan datang (tindakan preventif).
  • Mencari jalan keluar untuk berbagai masalah yang ada (problem solving) Melayani kebutuhan transportasi (demand of transport) seoptimum dan seseimbang mungkin.
  • Mempersiapkan tindakan/kebijakan untuk tanggapa pada keadaan di masa depan.
  • Mengoptimalkan penggunaan daya dukung (sumber daya) yang ada.

1 komentar:

quinnietacke mengatakan...

Slot Machines and Gambling - MJ Hub
'The machines 창원 출장마사지 and gambling' are designed by our 삼척 출장샵 team of 양주 출장안마 real people who make a game of roulette, slots or skill games. With all our 영천 출장샵 customers 부산광역 출장샵 and