Selasa, April 28

Solusi Mengatasi Kemacetan Lalu Lintas

Salah satu permasalahan transportasi yang paling sering dihadapi adalah permasalahan kemacetan terutama bagi kota-kota besar.
Kerugian atau Cost dari waktu yang terbuang akibat kemacetan merupakan hal yang perlu dikaji dalam kiat membangun pertumbuhan ekonomi yang baik. Polusi yang ditimbulkan dari gas buang kendaraan juga hal yang tidak dapat diabaikan terkait permasalahan lingkungan.
Banyak cara yang dapat dilakukan untuk menanggulangi masalah kemacetan lalu lintas. Diantaranya adalah pengambilan kebijakan yang dilakukan oleh pemerintah. Namun, untuk realisasinya tidaklah semudah membalikkan telapak tangan dan juga membutuhkan waktu.
Berikut beberapa cara yang dapat digunakan untuk menanggulangi masalah kemacetan lalu lintas:

Penyediaan dan Pemeliharaan Sarana Transportasi Umum

Penyediaan sarana transportasi yang layak harus menjadi sasaran utama agar para penggunan jalan raya beralih dari kendaraan pribadi ke kendaraan umum.

Sarana transportasi tersebut dapat berupa Bus dan Kereta yang memiliki jalurnya tersendiri sehingga penumpang dapat terhindar dari kemacetan. Pelayanan yang nyaman dan aman juga perlu disediakan.

Penggunaan Jalur Satu Arah

Dengan menjadikan jalan satu arah, maka konflik yang terjadi antar kendaraan dapat dikurangi. Sehingga efek bottleneck dari mobil yang berbelok ke arah kanan dengan memotong jalur kendaraan dari arah berlawanan dapat dihindari.

Kecepatan dan arus lalu lintas juga bertambah, serta lebih mudah dalam melakukan parkir kendaraan. Namun, jarak tempuh akan menjadi lebih panjang bagi beberapa kendaraan. Apabila lokasi tujuan terlewat, pengendara perlu mengitari lagi kawasan tersebut.

Pembatasan Kepemilikan Kendaraan Pribadi

Hal ini dikarenakan mudahnya orang memperoleh kendaraan pribadi. Jika pembatasan pemilikan kendaraan pribadi ini dapat dilakukan, maka ini akan dapat menekan angka kemacetan transportasi lalu lintas di jalan raya.

Pembuatan Skywalk

Pembuatan Skywalk seperti di Cihampelas, Bandung, dapat mengurangi kemacetan yang terjadi.
Pembuatan Skywalk ini diinisiasi dikarenakan banyaknya pejalan kaki yang berlalu-lalang dan pedagang kaki lima yang berjualan di sepanjang Jalan Cihampelas sehingga mengakibatkan lalu lintas menjadi macet.
Dengan adanya Skywalk ini, maka pejalan kaki dan pedagang kaki lima dipindahkan ke Skywalk, sehingga konflik antara pejalan kaki dengan pengendara dapat dikurangi. Hal ini cocok untuk diterapkan di daerah pertokoan.

Penetapan Sistem Aturan Ganjil Genap

Penerapan sistem ini dapat mengurangi volume lalu lintas. Sistem ganjil genap ini adalah penetapan kendaraan yang boleh melewati jalan-jalan tertentu berdasarkan digit paling belakang di pelat nomornya, apakah ganjil atau genap.
Misalnya, jika nomor pelat adalah B 1234, maka akan tergolong genap karena digit terbelakang adalah angka 4. Untuk angka 0 sendiri tergolong angka genap.
Ganjil-genap ini ditentukan berdasarkan tanggal hari tersebut, apakah tanggal ganjil atau genap.

Penetapan Electronic Road Pricing (ERP)

Electronic Road Pricing atau Sistem Jalan Berbayar ini sudah diterapkan di negara Singapura.
Kendaraan yang akan melewati jalan yang memiliki ERP ini harus memiliki device IU (In-Vehicle Unit) serta CashCard berisikan kuota, dipasang di kaca depan kendaraan, dan akan terkena charge secara otomatis ketika melintasi jalan tersebut.
Sistem ERP ini menggunakan kamera untuk memindai kendaraan yang melewati jalan tersebut. Tarif yang ditentukan fluktuatif, dapat berubah-ubah sesuai kondisi lalu lintasnya.
Keunggulan sistem ini adalah kendaraan yang melintas tidak perlu memperlambat kecepatannya maupun berhenti saat memasuki area ERP sehingga dapat mempertahankan arus lalu lintas yang ada.

Tidak ada komentar: