Beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dalam model pemilihan
moda (Tamin,2000):
1.
Biaya
Dalam pemodelan pemilihan moda sangat penting
dibedakan antara biaya perkiraan dengan biaya aktual. Biaya perkiraan adalah
biaya yang dipikirkan oleh pemakai jalan dan dasar pengambil keputusan,
sedangkan biaya aktual adalah biaya sebenarnya yang dikeluarkan setelah proses
pemilihan moda dilakukan.
2.
Angkutan umum captive
Dalam pemodelan pemilihan moda, tahap berikutnya
adalah mengidentifikasi pemakai angkutan umum captive. Orang seperti ini didefenisikan sebagai orang yang berangkat
dari rumah dan tidak atau mempunyai atau menggunakan kendaraan pribadi (tidak
ada pilihan lain kecuali angkutan umum). Diasumsikan bahwa orang tersebut pasti
menggunakan angkutan umum.
3.
Lebih dari dua
moda
Beberapa
prosedur pemilihan moda memodel pergerakan dengan hanya dua buah moda
transportasi: angkutan umum dan angkutan pribadi. Di beberapa negara Barat
terdapat beberapa pilihan lebih dari dua moda; misalnya, London mempunyai
kereta api bawah tanah, kereta api, bus dan mobil. Di Indonesia terdapat
bebrapa jenis moda kendaraan bermotor (termasuk ojeg) ditambah becak dan
berjalan kaki termasuk penting di Indonesia. Jones (1997) dalam Tamin (2000)
menekankan dua pendekatan umum tentang analisis sistem dengan dua buah moda.
Gambar 2.4 Pemilihan dua
moda (angkutan umum dan mobil)
Sumber
: Tamin, 2000.
Dari
gambar di atas dapat diambil asumsi bahwa gambar sebelah kiri mengasumsikan
pelaku perjalanan mengambil pilihan antara bergerak dan tidak bergerak. Apabila
pelaku perjalanan melakukan pergerakan, maka pertanyaan yang timbul adalah
apakah menggunakan angkutan pribadi atau umum? Sedangkan gambar sebelah kanan
mengasumsikan bahwa begitu memilih untuk bergerak maka pelaku perjalanan
memilih moda yang tersedia.
Pendekatan
yang lebih cocok khusus untuk Indonesia adalah seperti Gambar 2.5 di bawah ini:
Gambar 2.5 Proses pilihan lebih dari dua moda yang
dipilih
Sumber: Fidel Miro, 2005
Gambar
2.5 di atas mengilustrasikan betapa rumitnya memodelkan seluruh moda transportasi
yang ada dalam suatu sistem. Masalah lain dalam hal angkutan peribadi adalah
pengendara dan penumpang. Keduanya mempunyai atribut yang berbeda yang sangat
berpengaruh dalam proses pemilihan moda.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar